Gipang / Jipang


Gipang atau Jipang adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari beras ketan yang ditanak, dikeringkan dan digoreng. Selain beras ketan ada juga yang membuat Gipang dari singkong.

Gipang merupakan makanan khas Cilegon Banten, Masyarakat pada umumnya membuat Gipang pada waktu menjelang Hari Raya Iedul Fitri / Iedul Adha, saking rutinnya orang yang membuat Gipang pada moment tersebut tidak salah jika ada yang menyebutnya sebagai kue "wajib" Hari Lebaran.

Rasanya yang gurih, renyah dan manis membuat makanan ini digemari banyak orang, tak terkecuali para tamu dari luar kota yang kebetulan sedang bersilaturahim di keluarganya yang berdomisili di Cilegon Banten.

Cara membuatnya gampang-gampang susah, tidak semua orang mampu membuat Gipang dengan kualitas yang bagus. Butuh keuletan dan kesabaran dalam membuatnya. Dalam satu kampung paling ada beberapa orang saja yang bisa membuat Gipang, makanya sebagian orang tidak mau ambil pusing dengan berbagai proses pembuatan Gipang dengan cara minta dibuatkan atau lebih baik membeli kepada tetangganya.

Makanan ini tanpa menggunakan bahan pengawet dan pewarna buatan, Insya Allah Halalan Thoyyiba. Saya suka Gipang, Bagaimana dengan Sobat Cilegonpedia?


Sumber: jurnal pribadi

Baca juga:
http://cilegonpedia.blogspot.com/2014/12/emping-melinjo.html

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Gipang / Jipang "

  1. Bagaimana cara agar bipang bisa awet dan tahan lama..?terima kasih

    BalasHapus
  2. hampura pak, kami belum bisa jawab dengan baik, gipang yang biasa kita buat paling awet sekitar 3 bulan,karena bahan-bahan untuk membuatnya semuanya alami tidak menggunakan bahan pengawet, untuk itu disiasati membuat gipang disaat moment2 tertentu dan membuatnya sekedarnya saja.

    BalasHapus
  3. Produksi gipang di cilegon daerah mana yah?

    BalasHapus
  4. Produksi gipang di cilegon daerah mana yah?

    BalasHapus
  5. di daerah ketileng kel.ketileng kec. Cilegon

    BalasHapus
  6. Gipang makanan ciri khas cilegon.. uwenak rek

    BalasHapus
  7. mantaaaps...
    nenek saya jago bikin Gipang...
    terima kasih Cilegonpedia informasinya....

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Membaca Artikel di Website www.cilegonpedia.com, Silahkan Tinggalkan Komentar